Senin, 06 November 2023

Materi Atletik kelas X. 1

 NAMA GURU                : Desrika Redi Sanjaya,S.Pd

MATA PELAJARAN      : PJOK

KELAS                            : X 1

PERTEMUAN                 : 1

Capaian Pembelajaran      : Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.

TUJUAN PEMBELAJARAN              :  Peserta didik mampu memahami aktivitas atletik yang                                                                             disampaikan

MATERI                                               :  Atletik

METODE                                              : Merangkum dan meneliti video pembelajaran atletik

STRATEGI                                            : Mengamati materi atletik yang diberikan diblogger ini                                                                             kemudian mencari wawasan tambahan melalui video yang bisa                                                                 dicari di youtube. 

Materi atletik yang bisa menjadi kajian dan pertemuan kali ini bisa disimak dari slide per slide yang ada di bawah ini. silahkan simak, pahami dan manfaatkan apa yang perlu dicatat silahkan di catat














KEGIATAN PEMBELAJARAN         : Pendidik menugaskan peserta didik untuk terlebih dahulu menggali informasi yang bisa mereka dapat dari blogger maupun dari buku dll nya yang bisa diambil kemudian para peserta didik mampu memahami secara garis besar tentang atletik.

       Jumlah Peserta Didik : 

       Tidak hadir : 

Evaluasi akan dilakukan dipertemuan setelah materi yang diberikan sudah dipelajari oleh peserta didik 

Kamis, 07 September 2023

pembahasan kisi- kisi kelas X3

 NAMA GURU                : Desrika Redi Sanjaya,S.Pd

MATA PELAJARAN      : PJOK

KELAS                            : X 3

PERTEMUAN                 : 5

Capaian Pembelajaran      : Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.


TUJUAN PEMBELAJARAN              :  Peserta didik mampu memahami pengetahuan terkait permainan bola besar seperti bola voli dan bola basket

METODE                                              : sumatif tentang permainan bola besar dan sekaligus membahas kisi - kisi PTS

STRATEGI                                          : Melakukan ujian sumatif dan tanya jawab tentang permainan bola besar untuk pemantapan kisi- kisi menjelang kegiatan PTS

KEGIATAN PEMBELAJARAN         : Pendidik memberikan soal sumatif untuk dikerjakan oleh peserta didik ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pemahaman peserta didik tentang permainan bola besar dan sekaligus membahastentang kisi- kisi yang akan diujikan dalam kegiatan PTS

       Jumlah Peserta Didik : 28

       Tidak hadir : 5

Pemahaman peserta didik dalam hal ini akan diuji melalui ujian sumatif dan tanya jawab seputaran permainan bola besar hal ini dilakukan agar peserta didik tetap mengasah meskipun sudah pernah dibahas dan mengembangkan yang mungkin mereka belum pernah pahami secara detai tentang permainan bola besardari setiap cabang bola  besar nya.

Rabu, 06 September 2023

Pembahasan tentang kisi - kisi permainan bola besar dan tes pengetahuankelas X. 2

 NAMA GURU                : Desrika Redi Sanjaya,S.Pd

MATA PELAJARAN      : PJOK

KELAS                            : X 2

PERTEMUAN                 : 5

Capaian Pembelajaran      : Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.


TUJUAN PEMBELAJARAN              :  Peserta didik mampu memahami pengetahuan terkait permainan bola besar seperti bola voli dan bola basket

METODE                                              : sumatif tentang permainan bola besar dan sekaligus membahas kisi - kisi PTS

STRATEGI                                          : Melakukan ujian sumatif dan tanya jawab tentang permainan bola besar untuk pemantapan kisi- kisi menjelang kegiatan PTS

KEGIATAN PEMBELAJARAN         : Pendidik memberikan soal sumatif untuk dikerjakan oleh peserta didik ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pemahaman peserta didik tentang permainan bola besar dan sekaligus membahastentang kisi- kisi yang akan diujikan dalam kegiatan PTS

       Jumlah Peserta Didik : 31

       Tidak hadir : 2

Pemahaman peserta didik dalam hal ini akan diuji melalui ujian sumatif dan tanya jawab seputaran permainan bola besar hal ini dilakukan agar peserta didik tetap mengasah meskipun sudah pernah dibahas dan mengembangkan yang mungkin mereka belum pernah pahami secara detai tentang permainan bola besardari setiap cabang bola  besar nya.

Senin, 04 September 2023

KELAS X 1 PEMBAHASAN KISI- KISI

 NAMA GURU                : Desrika Redi Sanjaya,S.Pd

MATA PELAJARAN      : PJOK

KELAS                            : X 1

PERTEMUAN                 : 5

Capaian Pembelajaran      : Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.


TUJUAN PEMBELAJARAN              :  Peserta didik mampu memahami pengetahuan terkait permainan bola besar seperti bola voli dan bola basket

METODE                                              : sumatif tentang permainan bola besar dan sekaligus membahas kisi - kisi PTS

STRATEGI                                          : Melakukan ujian sumatif dan tanya jawab tentang permainan bola besar untuk pemantapan kisi- kisi menjelang kegiatan PTS

KEGIATAN PEMBELAJARAN         : Pendidik memberikan soal sumatif untuk dikerjakan oleh peserta didik ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pemahaman peserta didik tentang permainan bola besar dan sekaligus membahastentang kisi- kisi yang akan diujikan dalam kegiatan PTS

       Jumlah Peserta Didik : 

       Tidak hadir : 

Pemahaman peserta didik dalam hal ini akan diuji melalui ujian sumatif dan tanya jawab seputaran permainan bola besar hal ini dilakukan agar peserta didik tetap mengasah meskipun sudah pernah dibahas dan mengembangkan yang mungkin mereka belum pernah pahami secara detai tentang permainan bola besardari setiap cabang bola  besar nya.

Senin, 21 Agustus 2023

PENGAMBILAN NILAI KELAS X 1

 NAMA GURU                : Desrika Redi Sanjaya,S.Pd

MATA PELAJARAN      : PJOK

KELAS                            : X 1

PERTEMUAN                 : 3

Capaian Pembelajaran      : Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.


TUJUAN PEMBELAJARAN              :  Peserta didik mampu melatih kekuatan otot tangan dan mengatur akurasi pukulan bola voli dengan media tembok

MATERI                                               : Permainan Bola Voli

METODE                                              : Praktik teknik dasar passing bawah bola voli

STRATEGI                                          : Latihan dasar dengan menggunakan media tembok dan secara berpasangan untuk melakukan teknik passing bawah bola voli agar akurasi bola dan tangan bisa sesuai

Silahkan simak video youtube berikut cara melakukan passing di tembok berikut : TEKNIK PASSING MEDIA TEMBOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN         : Pendidik mempraktikkan terlebih dahulu cara melakukan passing di tembok dan secara berpasangan untuk melakukan passing bawah selanjutnya peserta didik melakukan secara bergantian dan dengan dibatasi pengulangan menyesuaikan jam praktik

       Jumlah Peserta Didik : 

       Tidak hadir : 

Pemahaman peserta didik mengenai materi bola voli akan dilihat seberapa besar penguasaan bola di tangan dengan melakukan passing di tembok sebanyak mungkin dan sebagai pengambilan nilai praktik untuk passing bola voli di pertemuan kali ini.

Senin, 14 Agustus 2023

KELAS X 1, PASSING BAWAH BOLA VOLI

 NAMA GURU                : Desrika Redi Sanjaya,S.Pd

MATA PELAJARAN      : PJOK

KELAS                            : X 1

PERTEMUAN                 : 3

Capaian Pembelajaran      : Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.


TUJUAN PEMBELAJARAN              :  Peserta didik mampu melatih kekuatan otot tangan dan mengatur akurasi pukulan bola voli dengan media tembok

MATERI                                               : Permainan Bola Voli

METODE                                              : Praktik teknik dasar passing bawah bola voli

STRATEGI                                          : Latihan dasar dengan menggunakan media tembok dan secara berpasangan untuk melakukan teknik passing bawah bola voli agar akurasi bola dan tangan bisa sesuai

Silahkan simak video youtube berikut cara melakukan passing di tembok berikut : TEKNIK PASSING MEDIA TEMBOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN         : Pendidik mempraktikkan terlebih dahulu cara melakukan passing di tembok dan secara berpasangan untuk melakukan passing bawah selanjutnya peserta didik melakukan secara bergantian dan dengan dibatasi pengulangan menyesuaikan jam praktik

       Jumlah Peserta Didik : 

       Tidak hadir : 

Pemahaman peserta didik mengenai materi bola voli ........

Rabu, 09 Agustus 2023

PJOK KELAS X 3, PERTEMUAN KE 3

NAMA GURU                : Desrika Redi Sanjaya,S.Pd

MATA PELAJARAN      : PJOK

KELAS                            : X 3

PERTEMUAN                 : 3

Capaian Pembelajaran      : Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.


TUJUAN PEMBELAJARAN              :  Peserta didik mampu melatih kekuatan otot tangan dan mengatur akurasi pukulan bola voli dengan media tembok

MATERI                                               : Permainan Bola Voli

METODE                                              : Praktik teknik dasar passing bawah bola voli

STRATEGI                                          : Latihan dasar dengan menggunakan media tembok dan secara berpasangan untuk melakukan teknik passing bawah bola voli agar akurasi bola dan tangan bisa sesuai

Silahkan simak video youtube berikut cara melakukan passing di tembok berikutTEKNIK PASSING MEDIA TEMBOK

Silahkan klik link berikut untuk pengetahuan tentang voliBOLA VOLI

KEGIATAN PEMBELAJARAN         : Pendidik mempraktikkan terlebih dahulu cara melakukan passing di tembok dan secara berpasangan untuk melakukan passing bawah selanjutnya peserta didik melakukan secara bergantian dan dengan dibatasi pengulangan menyesuaikan jam praktik

       Jumlah Peserta Didik : 

       Tidak hadir : 

Pemahaman peserta didik mengenai materi sudah memahami hanya saja butuh pengulangan yang rutin untuk bisa menyesuaikan pukulan dengan datang nya bola voli agar akurasi perkenaan bola voli dan arah tujuan bola bisa sesuai dengan keinginan yang dilakukan.

PJOK KELAS X3 PERTEMUAN KE 2

NAMA GURU                : Desrika Redi Sanjaya,S.Pd

2.     MATA PELAJARAN      : PJOK

3.     KELAS                            : X 3

4.     PERTEMUAN                 : 2

5.     Capaian Pembelajaran      Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.

6.     TUJUAN PEMBELAJARAN              :  Pretest Pengetahuan dasar penjas tentang voli

7.     MATERI                                               : Permainan Bola Voli

8.     METODE                                              : Tanya Jawab

9.      STRATEGI                                          : Pengerjaan soal dengan quizziz terkait voli

       KEGIATAN PEMBELAJARAN         : Pendidik memberikan soal menggunakan Quizizz

       Jumlah Peserta Didik : 

       Tidak hadir : 

      Pemahaman peserta didik mengenai materi dasar penjaskes sudah menyeluruh dilihat dari hasil quizizz, akan tetapi belum terukur pada siswa yg tidak hadir dikelas.



PJOK KELAS X.4 PERTEMUAN KE 2

 Nama Guru         : Desrika Redi Sanjaya, S.Pd.

Mata Pelajaran   : PJOK

Kelas                   : X.4

Pertemuan         : 2

CP                      : Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai penerapan keterampilan gerak pada permainan, aktivitas jasmani lainnya, dan kehidupan nyata sehari-hari sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), pola perilaku hidup sehat, serta menunjukkan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai aktivitas jasmani.

Materi                 : Pretest Pengetahuan dasar penjas

Metode               : Tanya Jawab

Strategi.             : Pengerjaan soal dengan quizziz


Kegiatan pembelajaran:

Pendidik memberikan soal menggunakan Quizizz 


Jumlah Peserta Didik : 33

Tidak hadir : 3 (dispen)


Pemahaman peserta didik mengenai materi dasar penjaskes sudah menyeluruh dilihat dari hasil quizizz, akan tetapi belum terukur pada siswa yg tidak hadir dikelas.

Kamis, 27 Juli 2023

Permainan Bola Besar (Bola Voli )

Assalamualaikum, Wr Wb 

Selamat pagi - pagi semua, kali ini kita akan membahas pertemuan tentang permainan bola besar dan yang akan kita bahas salah satu nya adalah terkait bola voli.

KD nya yakni : memahami latihan terkait cara melakukan permainan bola voli

menjelaskan bagaimana cara melakukan praktik permainan bola voli

Nah apa saja yang akan kita bahas silahkan simak materi yang akan bapak bahas dibawah ini.

A. Sejarah

      Sosok William B. Morgan adalah pencetus dari permainan bola voli pada tahun 1895 di Holyoke, Amerika Serikat. William B. Morgan sendiri adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christain Association (YMCA).


      Karena perkembangan permainan bola voli yang begitu cepat maka YMCA mulai mengadakan kejuaraan bola voli secara nasional. Kemudian permainan bola voli  ini menyebar ke seluruh dunia. Pada tahun 1974, pertama kali bola voli dipertandingkan di Polandia dengan peserta yang cukup banyak.


      Pada tahun 1984 didirikanlah Federasi Bola Voli Internasional atau Internationnal Voli  Ball Federation (IVBF) yang waktu itu beranggotakan 15 negara dan berkedudukan di Paris. Organisasi ini sebagai induk dari permainan bola voli internasional.

B. Pengertian Bola Voli

      Permainan bola Voli adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu yang tiap regu terdiri atas enam pemain. Tiap regu berusaha menempatkan bola di daerah lawan agar mendapat angka (point). Regu yang pertama mencapai angka 25 adalah regu yang menang dalam pertandingan.

                C. Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik dasar permainan bola voli terbagi atas :

q     Servis

q     Passing

q     Smash

q     Blok

1. Servis

  Servis merupakan pukulan untuk memulai permainan. Selain itu, servis juga adalah awalan pukulan sebagai kesempatan untuk memasukkan bola ke daerah lawan. Beberapa cara melakukan servis sebagai berikut.

  Servis Bawah

Cara melakukan servis bawah sebagai berikut.

1.Pemain berdiri menghadap ke arah net, dengan salah satu kaki di depan.

2. Lengan kiri ke depan dan memegang bola.

3. Bola dilambungkan rendah ke atas, berat badan bertumpu pada yang berada kaki belakang.

4. Lengan yang bebas digerakkan ke belakang kemudian diayunkan ke depan untuk memukul bola dengan kekuatan yang terukur.

 5. Saat memukul bola, berat badan dipindahkan ke bagian kaki depan.

6. Bola dipukul dengan tangan mengepal dengan kuat

7. Kemudian, pindahkan kaki belakang ke depan sebagai gerakan lanjutan.


 Servis Samping

Cara melakukan servis dengan ayunan tangan dari samping sebagai berikut.

 1. Pemain berdiri dengan kedua kaki menghadap ke sisi lapangan.

 2. Bola dipegang dengan lengan dijulurkan setinggi kepala, kemudian bola dilambungkan ke depan badan.

  3. Tangan yang sebagai pemukul diayun ke belakang.

 4. Berat badan ditempatkan di belakang, dengan kedua lutut sedikit ditekuk.

  5. Lengan diangkat dengan membentuk gerakan melingkar.

  6. Bagian tubuh berputar sedemikian rupa sampai menghadap net, kemudian berat badan dipindahkan ke depan.



  Servis Atas

  Cara melakukan servis dengan ayunan tangan dari atas sebagai berikut.

  1. Pemain berdiri dengan salah satu kaki di depan, kedua lutut agak ditekuk.

  2. Kedua tangan memegang bola.

  3. Bola dilambung dengan tangan kiri ke atas sampai ketinggian ± 1 m di atas kepala di depan bahu, dan telapak tangan kanan segera ditarik ke belakang atas kepala dengan telapak menghadap ke depan.

  4. Badan dilentingkan ke belakang. Setelah tangan berada di belakang atas kepala, bola segera dipukul dengan telapak tangan, dengan posisi lengan tetap lurus dan seluruh tubuh ikut bergerak.

5. Pada saat bola dipukul, berat badan dipindahkan ke depan


Jump Serve

Cara melakukan jump serve sebagai berikut.

  1. Pemain berdiri dengan dengan kedua kaki rapat.

  2. Kedua tangan memegang bola di depan badan.

  3. Bola dilambungkan ke atas depan.

  4. Saat bola melambung, lakukan tolakan beberapa langkah ke depan untuk mendapatkan lompatan yang maksimal.

  5. Saat mencapai ketinggian maksimal dan bola berada pada jangkauan lengan pukullah bola tersebut.

6. Pada saat memukul bola, berat badan dipindahkan ke depan


  2. Passing

Passing ialah teknik mengoper bola. Passing bola voli dibagi ke dalam dua bagian.

  1. Passing bawah

        Passing bawah adalah cara mengoper atau menerima bola dengan dua tangan secara bersamaan di depan badan. Cara melakukan passing bawah sebagai berikut


  2. Passing atas

            Passing atas (set up) adalah cara mengoper atau menerima bola dengan dua tangan di atas depan kepala             secara bersamaan. Cara melakukannya passing atas sebagai berikut.

  3. Smash

           Smash adalah gerakan memukul bola dengan keras dan menukik tajam. Smash juga merupakan bentuk serangan yang sangat efektif untuk mendapatkan kemenangan dalam bola voli. Ada hal yang perlu mendapat perhatian dalam melakukan sebuah smash, yaitu :awalan,tolakan,saat bola di atas net,dan pendaratan.

  4. BLOK

          Blok adalah upaya untuk menghalangi atau membendung serangan lawan dengan merentangkan kedua tangan pada tempat yang diperkirakan menjadi sebuah arah jalannya bola. Blok juga tidak hanya dapat dilakukan satu orang pemain namun juga dapat 2-3 pemain. Tujuan dari melakukan teknik blok ialah agar smash dari pihak lawan menjadi gagal, dan bola dari hasil sebuah olahan umpan tim lawan dapat digagalkan masuk ke daerah pertahanan sendiri.

  D. Peraturan Permainan Bola Voli

  Peraturan bola voly berstandar internasional. Contohnya peraturan atau syarat bola voly adalah peraturan lapangan bola voly, lama permainan, pergeseran pemain jumlah pemain, dan sebagainya.

  1. Lapangan Bola voly

  Untuk persoalan lapangan pada permainan bola voly yaitu berbentuk empat persegi panjang dengan ukurannya adalah Lebar 9 m, panjang 18 m, lebar garis 5 cm.

 3. Bola

  • Diameter bola voly                                       : 65 cm – 67 cm

  • Berat                                                                : 250 – 280 gram

 • Tekanan udara                                               : 0,48 kg/cm2 – 0,52 kg/cm2

  4. Jumlah pemain bola voli

      Jumlah pemain dalam satu tim atau regu pada bola voly berjumlah 6 orang dengan banyak pemain cadangan juga enam orang.

5. Pergeseran pemainan

          Dalam permainan bola voly pergeseran area pemainnya harus searah  jarum jam. Bila salah satu regu penerima servis memenangkan permainan, maka semua pemain diberi hak untuk berpindah posisi caranya bergeser kearah jarum jam. Misalnya posisi tiga melakukan servis, maka posisi 1 bergeser ke posisi 2.

  6. Lama Permainan Bola Voly

          Lama permainan bola voly berdasarkan oleh jumlah poin dalam sebuah set. Dalam sistem rally poin ini jumlah point yang harus di dapat adalah 15 point. Kecuali bila terjadi deuce yaitu 14:14, mungkin atau 24 - 24. Untuk memenangkan satu pertandingan bola voly dapat Dua set langsung kemenangan dan Tiga set langsung kemenangan

  7. Pemimpin pertandingan bola voli

          Seorang wasit memimpin jalannya pertandingan dan empat orang penjaga garis dan satu orang sebagai pencatat skor.

  8.Peraturan Permainan

q  Setiap regu di beri hak memainkan bola sebanyak-banyaknya 3 kali.

q  Seorang pemain tidak boleh memainkan bola lebih dari satu kali secara berturut-turut

q  Regu yang melakukan servis jika memenangkan permainan berhak mendapat satu tambahan poin. Sebaliknya, apabila tidak dapat mengembalikan bola maka poin untuk lawan.

q  Bola hidup berati mulai dipukulnya servis ball sampai bola menyentuh tanah.

q  Ketika servis bola harus dilambungkan lebih baik terlebih dahulu

q  Bola dinyatakan masuk jika bola jatuh dalam daerah garis lapangan atau bola jatuh tepat pada garis lapangan.

        9.Macam - macam pelanggaran dalam permainan bola voly

         Pemain dengan sengaja atau tidak sengaja menyentuh jaring net dengan tangan. Pemain tidak dinyatakan             pelanggaran jika anggota tubuhnya selain tangan menyentuh net dengan tidak disengaja. Misalnya :

            Waktu blocking dada atau punggung menyentuh net secra tidak sengaja.

            Kedua kaki masuk kedalam  daerah lawan

            Pada pemain yang blocking kedua tangan atau salah satu tangan terlalu masuk ke daerah area lawan.

            Berbicara kasar atau mengumpat  terhadap wasit atau juri

            Menegur wasit dan pembantu wasit

            Menerima petunjuk dan arahan dari luar lapangan selama pertandingan.

            Pemain mempengaruhi wasit

            Meninggalkan lapangan pemain tidak izin.

Kamis, 02 Maret 2023

LATIHAN SOAL XII IPS 3

  Assalamualaikum Wr. Wb

selamat pagi, hari ini akan kita coba bahas soal penjas untuk bahan latihanpemantapan pehaman tentang materi yang sudah disampaikan, maka dari itu akan kita kupas jawaban dari setiap soal yang di tampilkan

silahkan kalian jawab soal pertanyaan dibawah

1.    Salah satu gerakan senam lantai yang mana sentuhan tangan pada lantai sangat cepat dinamakan ....

a. Berguling

b. Meroda

c. Handspring

d. Handstand 

e. sikap lilin

 

2.    Berikut ini yang merupakan urutan anggota badan yang mengenai matras dalam gerakan roll ke belakang yang benar yaitu....

a. Panggul, punggung, tangan, kaki

b. Tangan, panggul, pinggang. kaki

c. Panggul, tangan, punggung, kaki

d. Tangan, punggung, panggul, kaki

e. pinggul, leher, punggung,tangan, kaki

 

3.    Sikap lilin merupakan salah saru gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih ....

a. Daya tahan

b. Kekuatan

c. Kelincahan

d. Keseimbangan 

e. Keterampilan

 

4.    Posisi kaki yang bertumpu pada empat titik dalam keadaan terbalik dengan meregang dan mengangkat bagian perut dan panggul merupakan jenis senam lantai...

a. Handstand

b. Lompat harimau

c. Lompat kangkang

d. Kayang 

e. Meroda

 

5.    Senam lantai juga disebut dengan istilah ...

a. Tiger sprong

b. Floor exercises

c. Koprol

d. Cart wheel 

e. Crawl

 

6.    Sikap loncat yang membusur dengan kedua tangan lurus ke depan pada saat melayang lalu setelahnya diteruskan dengan gerakan mengguling ke depan dan sikap akhir yang dilakukan adalah jongkok merupakan jenis senam lantai...

a. Handstand

b. Lompat harimau

c. Lompat kangkang

d. Headstand 

e. stradle

 

7.    Bentuk latihan yang mengharuskan seseorang melakukan gerakan dengan cepat dan mengubah arah dengan tangkas tanpa kehilangan keseimbangan disebut latihan ……

a.  Daya tahan otot

b.  Daya ledak

c.   Kecepatan

d.  Kekuatan

e.  Kelincahan

 

 

8.    Bentuk latihan di bawah ini yang dapat mengencangkan otot lengan kecuali …..

a.  Pusp up

b.  Squat thrus

c.   Angkat  tubuh

d.  Tarik  tambang

e.  Sit up

 

9.    Berikut  ini adalah unsur-unsur dari  kebugaran jasmani, kecuali …..

a.  Endurance

b.  Strength

c.   Power

d.  Stretching

e.  Speed

 

10.   Latihan lari bolak-balik untuk mengembangkan daya tahan dan kelincahan dikenal dengan istilah …….

a.  Squat jump

b.  Shuttle run

c.   Interval traning

d.  Squart thrust

e.  Vertical jump

 

11.  Setelah melakukan kegiatan olahraga pasti ditutup dengan gerakan …

a.  Warning up

b.  Stretching

c.   Wining stude

d.  Cool down

e.  Toke off

 

12.  Salah satu komponen dasar kebugaran fisik adalah ….

a.  Berdiri tegak

b.  Pencernaan yang baik

c.   Kejernihan pikiran

d.  Ketahanan paru jantung

e.  Kekuatan mental

 

13.  Yang tidak termasuk unsur-unsur dari latihan kebugaran jasmani adalah ….

a.  Daya tahan paru jantung

b.  Kekuatan otot

c.   Kecepatan

d.  Kelenturan

e.  Keseimbangan

 

14.  Mula-mula tidur telungkup,kaki rapat dan kedua tangan berpasangan dibelakang kepala kemudian angkat badan dengan dada tidak menyentuh ke lantai, merupakan latihan ….

a.  Pus-up

b.  Back-up

c.   Sit-up

d.  Squard-jump

e.  Squard thrus

 

15.  Keluwesan gerak yang merupakan unsur latihan pada senam irama disebut .... 

a.    Continuitas 

b.    Fleksibilitas 

c.    Ketangkasan 

d.    Keseimbangan 

e.    Kekuatan

 

16.  Kelentukan, keseimbangan, keluwesan, fleksibelitas, kontinuitas, ketetapan dengan irama. Merupakan bagian dari…

a. Faktor-faktor

b. Kelebihan

c. Manfaat

d. Unsur-unsur 

e.    Macam – macam

 

17.  Gerakan senam irama diiringi irama musik yang dilakukan secara....

a. Serempak

b. Massal

c. Bebas

d. Berirama 

e.sendiri

 

18.  Senam irama berada di bawah naungan...

a. PERBASI

b. PERSANI

c. PERPANI

d. PRSI

 

19.  Senam irama akan bermanfaat, apabila dilakukan dengan....

a. Sistematis

b. Gembira

c. Teratur

d. Efektif 

e.continue

 

20.  Berikut ini yang merupakan urutan anggota badan yang mengenai matras dalam gerakan roll ke depan yang benar yaitu....

a. Tengkuk leher, Panggul, punggung, kaki

b. Tangan, panggul, pinggang. kaki

c. Tangan, Tengkuk leher, punggung, Kaki

d. Tangan, punggung, panggul, kaki 

e. Tangan, Punggung, Tengkuk leher, kaki

 

21.  Cabang olah raga dari aktivitas ritmik yaitu … 

a. permainan 

b. senam 

c. atletik 

d. beladiri 

e. rekreasi 

 

22. Dalam senam irama atau senam ritmik terdapat gerakan yang bertujuan untuk menurunkan kondisi tubuh dari kerja dengan intensitas yang tinggi secara bertahap dan teratur, supaya kembali ke keadaan semula. Gerakan yang dimaksud yaitu gerakan .... 

a. peregangan 

b. pemanasan 

c. dasar 

d. inti 

e. pendinginan

 

23. Gerakan yang dilakukan seperti baling baling yang berputar tangan di bawah dan kaki diatas dinamakan gerakan... 

A. Loncat Harimau 

B. Baling Baling 

C. Hand spring 

D. Guling lenting 

E. Meroda

24. Perhatikan gambar berikut ini!

 


Nama gerakan tersebut yaitu lompat ...

A. harimau

B. jongkok

C. tinggi

D. peti

E. lenting

 25. Kesalahan umum yang sering terjadi pada saat melakukan gerakan kayang yaitu ....

A. Badan terlalu cepat/kuat menolak

B. Bahu tidak diletakkan di atas matras ketika tangan dibengkokkan

C. Sikap kepala yang terlalu menengadah

D. Mendarat dengan menggunakan lutut mengakibatkan keseimbangan tubuh tidak terjaga dan oleng 

E. Penempatan siku-siku tangan yang terlalu keluar dari garis lebar badan.


26.  Penyakit menular seksual dapat disebabkan oleh virus atau bakteri dan disebut dengan raja singa adalah … .

A.     HIV 

B.   Sipilis 

C.   Gonore 

D.  Herpes Genital 

E.   Klamidia

27.  Pencegahan HIV pada pria yang dilakukan sejak dini dapat dilakukan dengan cara … . 

A.  Minum teh setiap pagi 

B.   Minum susu 

C.   Menikah 

D.  Sunat 

E.   Berolahraga 


28. Cermati daftar cairan tubuh manusia berikut ini :

1. Cairan  mani

2. Air liur

3. Keringat

4. Cairan vagina

5. Air mata

Dari daftar cairan tubuh manusia di atas  yang tidak bisa menularkan virus HIV adalah … . 

A.  1,2,3 

B.   1,2,4 

C.   2,3,4 

D.  2,3,5  

E.   4,5,1  

 

29. AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrom) adalah kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh … .

A. Virus HIV

B. Virus varicella

C. Virus morbilli

D. Virus polio 

E. Virus covid 19 

30. 1.      Yang bukan cara mencegah tertular penyakit HIV/AIDS adalah … . 

A.Tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah (abstinence). Hubungan seksual             hanya dilakukan melalui pernikahan yang sah. 

B. Bila telah menikah, hanya mengadakan hubungan seksual dengan pasangan sendiri, yaitu         suami atau isteri sendiri.  

C. Bila salah satu pasangan sudah terinfeksi hiv maka dalam melakukan hubungan              seksual harus menggunakan kondom  

D. Mempertebal iman dan takwa agar tidak terjerumus ke dalam hubungan  hubungan seksual     diluar nikah.  

E. Penyalahgunaan narkotika dengan suntikan, yang menggunakan jarum suntik secara                bersama (bergantian)  

Aquatik kelas.X.1

  Materi : Renang /Aquatik  Kelas : X. 1 Guru B. Study : Desrika Redi Sanjaya, S.Pd Materi yang disampaikan diharapkan para peserta didik ma...